Aisyah Istri Rasulullah - Inilah fakta -fakta nya tentang beliau

thehippokepo
By -
0

Sudah dengar kan lagu Aisyah istri Rosululloh?
Siapa sih yang belom denger, lagu yang udah viral kemana2 ini
Namun dibalik semua itu, lagu ini tak luput dari kontroversi terutama pada liriknya.
Nah, kali ini narrator magang mau mengajak hippo lovers untuk mengenal sosok seorang istri yang paling dicintai nabi Muhammad SAW ini.
Inilah fakta2 tentang Siti Aisyah RA
1.       Siti Aisyah RA dinikahi pada bulan syawal tahun pertama hijrah
Mungkin ini ya penyebab banyaknya sekarang orang tua yang memilih bulan syawal untuk menikahkan putra-putrinya ya,hehe, siti asiyah sendiri adalah putri dari abubakar RA yang merupakan sahabat nabi.

2.       Cerdas
Ibunda Kita siti Aisyah RA merupakan sosok wanita yang sangat cerdas, terbukti dengan setidaknya beliau meriwayatkan 1210 hadist, dan saking cerdasnya, beliau merupakan rujukan para sahabat nabi bilamana terjadi perselisihan tentang keislaman dan beliau menjadi suri tauladan bagi kita hingga saat ini.

3.       Bahasanya lembut dan darmawan
Siti Aisyah terkenal dengan tata Bahasa yang lembut, penuh kasih sayang, pemilhan kata yang baik dan santun. Tentu saja semua ini berkat kecerdasannya. Selain itu siti Aisyah merupakan sosok yang darmawan karena senang sekali membantu umat muslimin yang sedang kesusahan baik dalam hal meteri.

4.       Satu2nya istri Nabi yang Gadis ketika dinikahi Oleh Nabi Muhammad SAW
Ada beberapa ulama yang mengatakan, Siti Aisyah RA dinikahi oleh nabi pada umur 6 tahun, 9 th, 10 th atau 13 tahun? Berapa pun itu,koq muda sekali ya? Eits tunggu dulu, pada zaman dahulu pernikahan di usia muda memang lumrah terjadi, dan tentu saja ada hikmah dibalik pernikahan ini. Allah sendiri yang memilihkan siti Aisyah RA untuk menjadi pendamping rosulullah bahkan malaikat Jibril telah menunjukkan wajahnya pada kain yang sangat indah kepada rosululloh sebelum menikahi siti Aisyah RA.
Hikmah lainnya adalah, dipilih yang belia karena dia akan hidup dengan rasululloh untuk mempelajari ilmu fiqih terutama dalam hal rumah tangga yang mana ilmu itu tidak akan didapatkan di luar rumah, bagaimana cara nabi makan, tidur dll.
Setelah dewasa dan menguasai ilmunya, barulah siti Aisyah RA meriwayatkan hadist2 nabi tersebut

5.       Nabi meninggal dunia pada saat siti Aisyah berumur 18 tahun
Nabi berpulang ke rahmatullah dalam keadaan sakit, Kepergian nabi menghadap Allah SWT pada saat aisyah berumur 18 tahun dan nabi meninggal dipangkuannya. Hmm sedih ya? Kalau mengengang kisah cinta mereka yang sangat indah, bahkan mereka pernah lomba lari dan saling mengalahkan. Bahkan nabi senang merayunya ketika siti Aisyah sedang marah.

6.       Siti Aisyah tidak pernah menikah lagi sepeninggal Nabi
Lalu ngapain aja? Siti aisyah mengabdikan sisa hidupnya untuk perjuangan islam, selama 40 tahun sisa hidupnya sepeninggal nabi, beliau melakukan puasa Thahar, puasa sepanjang masa, selama hidupnya dipenuhi dengan ibadah kepada Allah SWT. Dan beliau tidak memiliki keturunan.

7.       Meninggal th 57 hijriah
Siti Aisyah meninggal pada umur 45 tahun dengan title RA, beliau di makamkan di pemakaman Baqi, sebalah kiri rumah nabi

Itulah beberpa fakta tentang ibunda kita siti Aisyah RA, semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua, dan semoga istri2 kita senantiasa menauladani sifat siti Aisyah RA, aamiin



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)